follow me

Translate

Minggu, 15 Desember 2013

Penjelasan Ad-hoc



Sistem Ad hoc






Ad hoc adalah sebuah istilah dari bahasa Latin yang populer dipakai dalam bidang keorganisasian atau penelitian. Istilah ini memiliki arti “dibentuk atau dimaksudkan untuk salah satu tujuan saja” atau sesuatu yang “diimprovisasi”.
Ad hoc juga merupakan sitem peer to peer, dalam satu arti komputer di hubungkan ke satu komputer dengan saling mngenal SSID. Bila di gambarkan mungkin lebih mudah membayangkan sistem direct connection dari 1 omputer ke 1 komputer lainnya dengan menggunakan twist pair cable tanpa perangkat HUB. Jadi terdapat 2 komputer dengan perangkat wifi dapat langsung berhubungan tanpa alat yang di sebut access point mode. Pada ad hoc tidak lagi mengenal sistem central (yang biasanya di fungsikan pada acces point). Sistem ad hoc hanya membututhkan 1 buah computer yang memiliki nama SSID atau sederhananya nama sebuah network pada sebuah card/komputer.
Dapat juga menggunakan MAC Adrdress dengan sistem BSSID (basic service set Identifier – cara ini tidak umum digunakan), untuk mngenal nama sebuah computer secara langsung. Mac address umumnya sudah diberikan tanda atau nomor khusus tersendiri dari masing-masing card atau perangkat network termasuk network wireless. Sistem menguntungkan untuk pemakaian smentara misalnya hubungan network antara 2 komputer walaupun disekitarnya terdapat sebuah alat access point yang sedang bekerja.
SSID adalah nama sebuah network card atau USB card atau PCI card atau router wireless. SSID hanyalah nama untuk memeberikan tanda dimana nama sebuah perangkat berada. BSSID adalah nama lain dari SSID, SSID diberikan oleh pemakai misalnya “rivaldipc” pada computer yang sedang digunakan dan computer dan computer lainnya diberi nama “pckamu”. Sedangkan BSSID menggunakan basis mac address. Jangan terlalu bingung dengan istilah baru tersebut. Bila koneksi wireless ingin saling berhubungan, keduanya harus mengunakan sistem adhoc. Bila di sekitar ruangan terdapat perangkat access point, perlu diingatkan untuk mengubah band frekuensi agar tidak saling adu kuat singal yang memancar di suatu ruangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar